Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Adu Spesifikasi Hyundai Santa Fe Hybrid dan Honda CR-V e:HEV

Simak perbandingan spesifikasi Hyundai Santa Fe Hybrid dan Honda CR-V e:HEV
Hyundai Santa Fe Hybrid resmi meluncur di Indonesia pada Kamis (24/10/2024) - Bisnis/Rizqi Rajendra
Hyundai Santa Fe Hybrid resmi meluncur di Indonesia pada Kamis (24/10/2024) - Bisnis/Rizqi Rajendra

Bisnis.com, JAKARTA - Persaingan antara mobil segmen hybrid electric vehicle (HEV) diprediksi akan semakin ketat, seiring dengan PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) yang belum lama ini meluncurkan SUV hibrida terbarunya, yakni Santa Fe Hybrid pada Kamis (24/10/2024). 

Hyundai Santa Fe Hybrid yang dibanderol mulai Rp786,3 juta itu digadang-gadang bakal bersaing langsung alias head-to-head dengan Honda CR-V e:HEV yang dibanderol Rp814,4 juta.

Presiden Direktur Hyundai Motors Indonesia, Ju Hun Lee mengatakan, Hyundai Santa Fe meluncur dalam dua varian yakni hybrid electric vehicle (HEV) dan internal combustion engine (ICE). Kedua tipe tersebut diproduksi lokal di Cikarang, Jawa Barat.

"Kami secara perdana meluncurkan produk hybrid di Indonesia, yakni Santa Fe. Secara global, kami punya line up cukup lengkap. Kami memiliki strategi dengan memperkenalkan produk-produk baru di Indonesia," ujar Ju Hun Lee di Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (24/10).

Lantas, bagaimana perbandingan spesifikasi Hyundai Santa Fe Hybrid dan Honda CR-V e:HEV? Simak ulasannya berikut.

Spesifikasi Hyundai Santa Fe Hybrid

Menilik spesifikasinya, All-new Santa Fe dirancang dengan desain lebih tangguh dan performa yang lebih bertenaga dibandingkan generasi sebelumnya. 

Untuk powertrain hybrid, didukung oleh mesin bertenaga turbo hybrid 1.6 T-GDI HEV, sedangkan opsi internal combustion engine (ICE) menggendong mesin berbahan bakar bensin 2.5L GDI.

Berbekal dapur pacu tersebut, mesin hybrid Santa Fe diklaim dapat menghasilkan tenaga maksimum 172 kW atau 235 PS per 5.600 rpm. Sementara itu, torsi maksimumnya yakni 367 Nm per 1.000-4.000 rpm.

Adu Spesifikasi Hyundai Santa Fe Hybrid dan Honda CR-V e:HEV

Manajemen Hyundai menyebut, dengan performa mesin yang memberikan tenaga yang maksimal serta torsi yang besar, Santa Fe terbaru menghadirkan pengalaman berkendara yang lebih unggul. 

Selain itu, All-New Santa Fe juga akan hadir dengan dengan fitur keselamatan aktif Hyundai Smartsense untuk meningkatkan keamanan berkendara.

Secara dimensi, Santa Fe Hybrid memiliki panjang 4.830 mm, lebar 1.900 mm, dan tinggi 1.770 mm. Sementara itu, wheelbase sebesar 2.815 mm.

Adapun, harga Hyundai Santa Fe dibanderol mulai Rp699 juta untuk tipe terendah varian bensin, sedangkan tipe tertinggi varian hybrid dipatok seharga Rp869,6 juta.

Spesifikasi Honda CR-V e:HEV

Di lain sisi, spesifikasi Honda CR-V e:HEV menggendong mesin 2.0L DOHC i-VTEC Engine + Electrical Motor. Dapur pacu itu dapat menghasilkan tenaga 207 PS dan torsi 335 Nm.

Pada bagian eksterior, Honda CR-V e:HEV memiliki velg 19 inci black alloy wheels design. Selain itu, pada bagian depan memiliki active shutter grille yang menambah kesan SUV elegan.

Adu Spesifikasi Hyundai Santa Fe Hybrid dan Honda CR-V e:HEV

Ditinjau dari segi dimensinya, Honda CR-V e:HEV memiliki panjang 4.691 mm, lebar 1.866 mm, dan tinggi 1.681 mm.

Beralih ke interiornya, CR-V hybrid dibekali panoramic sunroof, advance capacitive touchscreen display audio 9 inci, dan Interactive TFT Meter Cluster yang tampilannya sudah dikustomisasi.

Beberapa fitur dalam Honda CR-V Hybrid lainnya meliputi Honda Sensing, Honda Connect, Honda Smart Key Card, hingga Hill Descent Control.

Perlu diketahui, harga CR-V Hybrid dibanderol Rp814,4 juta per unitnya. Adapun, Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) mencatat penjualan Honda CR-V e:HEV tembus 170 unit pada September 2024.

Spesifikasi

Hyundai Santa Fe Hybrid

Honda CR-V e:HEV

Mesin

Turbo hybrid 1.6 T-GDI HEV (1.600 cc)

2.0L DOHC i-VTEC Engine + Electrical Motor (2.000 cc)

Performa

Tenaga: 235 PS/5.600 rpm

Torsi : 367 Nm/1.000-4.000 rpm

Tenaga 207 PS dan torsi 335 Nm

Dimensi

Panjang 4.830 mm, lebar 1.900 mm, tinggi 1.770 mm

Panjang 4.691 mm, lebar 1.866 mm, tinggi 1.681 mm.

Harga

Rp786,3 juta (OTR Jakarta)

Rp814,4 juta (OTR Jakarta)


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Rizqi Rajendra
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper