Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

GIIAS 2024: Menperin Tekankan Urgensi Inovasi dan Teknologi Ramah Lingkungan

Menperin menyebut persaingan industri otomotif telah mengarah pada inovasi menghadirkan kendaraan ramah lingkungan
Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita (kiri) bersama Ketua Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO) Yohannes Nangoi/Istimewa
Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita (kiri) bersama Ketua Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO) Yohannes Nangoi/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA --Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan persaingan industri otomotif kini tak hanya antarnegara, melainkan adu penyediaan teknologi ramah lingkungan yang sesuai dengan pasar. 

Produsen mobil berlomba menghadirkan kendaraan yang mendukung keberlanjutan. 

"Marilah membuat pameran ini menjadi perayaan atas pencapaian kita dan katalis bagi inovasi masa depan. Bersama-sama, kita dapat mendorong industri otomotif menuju masa depan yang lebih cerah, ramah lingkungan, dan berteknologi maju," kata Agus pada acara GIIAS 2024, dikutip Rabu (17/7/2024). 

Perhelatan pameran mobil terbesar, Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) menjadi bukti gesitnya inovasi, keberlanjutan, dan keunggulan industri otomotif nasional. 

Adapun, series pameran otomotif dunia ini kembali hadir dan akan digelar di ICE BSD, Tangerang mulai 18-28 Juli 2024. Setidaknya 13 merek mobil penumpang dipastikan hadir sebagai debutan. 

GIIAS tahun ini akan memamerkan beragam kendaraan mutakhir, mulai dari mobil listrik dan hybrid hingga autonomous driving technology (kendaraan yang beroperasi tanpa perlu dikendalikan oleh manusia). 

Ajang tersebut menjadi katalis penting untuk menatap masa depan industri kendaraan bermotor yang terbentang di depan mata. 

Kemajuan teknologi tidak hanya membuat kendaraan lebih cerdas dan efisien, namun memberikan kontribusi signifikan terhadap kelestarian lingkungan. 

"Ini bukan hanya sekadar pameran tetapi juga sebuah platform untuk kolaborasi, pembelajaran, dan kemajuan. Saya berharap GIIAS 2024 berjalan dengan lancar, sukses, dan bermanfaat bagi Anda semua,” ujarnya. 

Lebih lanjut, dia meyakini dorongan menuju kendaraan bermotor ramah lingkungan seperti kendaraan listrik dan teknologi berkelanjutan, semakin kuat dari sebelumnya, dan sangat menginspirasi untuk melihat upaya kolektif industri ke arah ini.

Hal ini tercerminkan dari total penjualan kendaraan EV dan Hybrid pada pameran tahun lalu yang mencapai 1.600 unit, meningkat 3% dibandingkan tahun sebelumnya. 

 

Pemerintah menaruh perhatian kepada industri otomotif yang dalam beberapa bulan terakhir mengalami penurunan penjualan. Hal tersebut dipengaruhi oleh faktor ekonomi eksternal, termasuk pula penurunan daya beli konsumen. 

Oleh karena itu, pemerintah berfokus pada kebijakan strategis untuk meningkatkan kepercayaan dan meningkatkan belanja masyarakat untuk mendukung semua industri secara menyeluruh. 

"Pemerintah berkomitmen untuk mengubah tantangan ini menjadi peluang pertumbuhan dan inovasi berkelanjutan dengan secara aktif mengidentifikasi pasar baru sebagai tempat produk otomotif Indonesia dapat unggul dan berkembang,” jelasnya.

Sementara itu, kepada para pengunjung pameran GIIAS, Menperin mendorong mereka dapat terlibat dan berpartisipasi pada diskusi sekaligus belajar dan mendapatkan inspirasi dari ajang bergengsi tersebut. 

Di sisi kain, dia juga mengapresiasi pencapaian Gaikindo pada gelaran tahun sebelumnya yang berhasil membukukan total transaksi penjualan hampir 28.000 unit dengan total nilai lebih dari Rp15 triliun. 


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper