Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Grup Astra (OLX) Ungkap Penjualan Mobil Bekas Moncer, Model Ini Paling Diburu

PT Astra Digital Mobil (ADMO) mengungkap tren penjualan mobil bekas melalui platform OLX kian diminati oleh konsumen pada tahun ini.
Pengunjung melintasi deretan mobil bekas yang dipamerkan di Jakarta. Bisnis/Eusebio Chrysnamurti
Pengunjung melintasi deretan mobil bekas yang dipamerkan di Jakarta. Bisnis/Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, JAKARTA - Entitas Grup Astra, PT Astra Digital Mobil (ADMO) mengungkap tren penjualan mobil bekas melalui platform OLX kian diminati oleh konsumen pada tahun ini.

Sebagai pengingat, pada Agustus 2023 lalu PT Astra International Tbk. (ASII) resmi mengakuisisi 100% saham OLX Indonesia. Kemudian, pada Maret 2024, Grup Astra resmi memperkenalkan OLXmobbi yang lahir dari penggabungan antara mobbi, OLX Autos, dan mobil88.

Direktur OLXmobbi, Agung Iskandar mengatakan tren penjualan mobil bekas cukup positif dengan mencatatkan pertumbuhan 40% secara year-on-year (YoY) hingga semester I/2024.

"Transaksi mobil bekas di platform kami tumbuh 40% menjadi 12.000 unit pada semester I/2024, dibandingkan periode yang sama 2023 sebanyak 8.500 unit," ujar Agung di Jakarta, dikutip Minggu (22/9/2024).

Lebih lanjut dia mengatakan, segmen mobil yang menjadi favorit pelanggan yakni multi-purpose vehicle (MPV) yang berkontribusi sebesar 33%, disusul segmen sport utility vehicle SUV sebanyak 26%.

Tak ketinggalan, mobil berbiaya murah yang rendah emisi alias low cost green car (LCGC) juga diminati konsumen OLXmobbi dengan kontribusi penjualan sebesar 20%.

"Ya, harapannya kami tetap bisa bertumbuh secara cepat terus, supaya kami bisa menaikkan market share kami," lanjutnya.

Adapun, dia mengatakan, model mobil bekas yang paling diburu pelanggan OLX yakni Toyota Avanza sebesar 6,5%, disusul Daihatsu Ayla sebanyak 4,9%, dan Toyota Kijang Innova sebesar 4,7%.

Tak hanya itu, OLXmobbi yang dinaungi Grup Astra juga resmi hadir secara perdana di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024 pada Agustus lalu, sebagai official trade in partner.

"Sepanjang GIIAS 2024, kami mencatatkan persentase pengunjung booth kami sebesar 58%, kemudian yang melakukan inspeksi 24%, dan transaksi yang sudah deal sebesar 26%," pungkasnya.

Kendati penjualan mobil bekas tumbuh signifikan, penjualan mobil baru justru loyo. Gaikindo mencatat, sepanjang Januari-Agustus 2024, total penjualan mobil secara wholesales tercatat sebesar 560.619 unit atau turun 17,1% YoY dari periode sama 2023 sebesar 675.859 unit.

Sementara itu penjualan ritel juga turun 12,1% YoY menjadi 584.857 unit pada 8 bulan pertama 2024, dibandingkan 665.262 pada periode yang sama 2023.

Ditinjau berdasarkan mereknya, penjualan mobil secara wholesales tertinggi masih diraih oleh Grup Astra, yakni Toyota dan Daihatsu masing-masing sebesar 25.989 unit dan 13.829 unit pada Agustus 2024. 


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Rizqi Rajendra
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper