Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hyundai Kona Electric Meluncur Mulai dari Rp499 Juta, TKDN Diklaim 60%

Harga mobil listrik Hyundai Kona Electric resmi diumumkan di ajang GIIAS 2024 dengan harga terendah dibanderol Rp499 juta.
Hyundai Kona Electric/Bisnis-Nuhansa Mikrefin Yoedo Putra
Hyundai Kona Electric/Bisnis-Nuhansa Mikrefin Yoedo Putra

Bisnis.com, TANGERANG — PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) resmi mengumumkan harga mobil listrik Kona Electric di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024. Harga termurah Kona Electric dibanderol Rp499 juta.

Mobil ini diklaim telah memiliki tingkat komponen dalam negeri (TKDN) 60% dengan menggunakan baterai yang diproduksi lokal.

Chief Operating Officer Hyundai Motors Indonesia Fransiscus Soerjopranoto menjelaskan, perusahaan baru saja melaporkan kepada Kementerian Perindustrian terkait dengan kandungan lokal dari mobil listrik Kona Electric.

Hyundai sejatinya sudah melaporkan TKDN untuk mobil listrik Kona Electric yang nilainya mencapai 40,01% karena sudah dirakit lokal atau completely knocked down (CKD). 

Kemudian, adanya pabrik sel baterai hasil konsorsium Hyundai-LG Energy Solutions membuat Hyundai harus kembali lapor kepada Kementerian Perindustrian mengenai komponen baterai yang sudah diproduksi lokal.

“Kalau yang 60% ini baru saja kami lapor kepada Kementerian Perindustrian baru nanti dikirim surat formal yang menjadi acuan untuk Kementerian Keuangan mengeluarkan restitusinya,” ujarnya di ICE BSD Tangerang pada Rabu (17/7/2024).

Mobil listrik Kona Electric juga diklaim sebagai mobil listrik dengan TKDN paling tinggi di Indonesia untuk saat ini. Mobil ini terdiri atas lima varian, yakni Signature Long Range, Signature Standard Range, Prime Long Range, Prime Standard Range, dan Style.

Kona Electric memiliki jarak tempuh 600 kilometer (km) atau setara perjalanan Jakarta-Yogyakarta dalam sekali pengisian daya. 

“Hadirnya varian Style dengan harga di bawah Rp500 juta, All New Kona Electric menjadi pilihan cerdas bagi calon pembeli mobil listrik di Indonesia,” ujarnya.

Dari sisi desain eksterior, Kona Electric menggunakan pixelated seamless horizon lamp yang membentang di sisi depan dan belakang Kona Electric. Kemudian, terdapat twin headlamp dengan lampu projector full LED yang terintegrasi di bumper depan, serta seamless horizon lamp di kap mesin. 

Wheel arch sewarna bodi juga disematkan agar menyatu dengan lampu depan dan belakang Kona Electric. Selanjutnya, terdapat permukaan parametrik diagonal yang tegas serta molding chrome satin yang membentang hingga ke beltline. 

Integrasi active air flap di bumper depan Kona Electric dirancang supaya mampu meningkatkan efisiensi energi dan memberi pendinginan yang dibutuhkan komponen kendaraan.

Berikut daftar harga Hyundai Kona Electric:

Signature Long Range: Rp590 juta

Signature Standard Range: Rp575 juta

Prime Long Range: Rp560 juta

Prime Standard Range: Rp515 juta

Style: Rp499 juta

1721198912_6ff0dcf0-7efb-47aa-8d87-d57f074d9f38.
1721198912_6ff0dcf0-7efb-47aa-8d87-d57f074d9f38.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper