Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sejarah Morris Minor, Opelet Si Doel yang Jadi Primadona di Inggris

Morris Minor Traveler, Opelet Si Doel pernah jadi primadona di Inggris. Kendaraan terkenal di Indonesia salah satunya berkat film Si Doel
Morris Minor Traveler 1971 sebagai salah satu kendaraan antik pada masanya/dok. YouTube
Morris Minor Traveler 1971 sebagai salah satu kendaraan antik pada masanya/dok. YouTube

Bisnis.com, JAKARTA  - Morris Minor Traveler, opelet legendaris milik Rano Karno yang kerap muncul layar sinetron Si Doel Anak Sekolahan ternyata memiliki sejarah panjang.

Opelet itu juga yang mengantarkan Pramono Anung dan Rano Karno berangkat ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada Rabu (28/8/2024) untuk mendaftar calon gubernur dan calon wakil gubernur Jakarta.

Adapun opelet yang digunakan Pramono-Rano ke KPUD Jakarta merupakan opelet jenis Morris Minor 1.000 Traveller. Perlu diketahui, Morris merupakan merek asal Inggris yang sudah eksis sejak periode 1920-an. Sementara itu opelet yang digunakan Pramono-Rano diproduksi pada 1957.

Menilik laman resmi National Motor Museum asal Beaulieu, Inggris, Morris Minor adalah salah satu mobil paling digemari di Inggris dan masih sering terlihat di jalan raya bahkan di abad ke-21. Mobil itu diproduksi oleh manufaktur Austin-Morris Division, British Leyland Motor Corporation.

Versi estate atau Traveller meluncur pada 1953, sebagai bagian dari jajaran Seri II yang diperbarui dengan mesin seri A yang telah diperkenalkan tahun sebelumnya.

Sejak 1956, Minor diproduksi menggunakan mesin 948 cc, kemudian terjadi peningkatan spesifikasi (upgrade) lebih lanjut dengan mesin 1.098 cc pada 1962, dan berganti nama menjadi Minor 1.000.

Menilik spesifikasinya Morris Minor Traveler keluaran 1970 mengadopsi mesin 4 silinder dengan kapasitas 1.098 cc dan valve overhead. 

Dapur pacu Morris Minor Traveler itu dapat menghasilkan daya hingga 48 brake horse power (BHP) pada 5.100 rpm. Performa 0 hingga 50 mil per jam dapat ditempuh dalam waktu 15,5 detik.

Dari sisi desain, Morris Minor 1000 Traveller memiliki desain klasik dengan lampu depan bulat. Ciri khas lain mobil ini ada di kap mesin dan bagian kabin penumpang terbuat dari kayu.

Minor menjadi merek asal Inggris pertama yang penjualannya melampaui satu juta unit dari semua tipe yang diproduksi antara tahun 1948 dan 1971. Pada akhirnya, produksi Traveller dan versi komersial dihentikan pada April 1971, lebih dari 1,6 juta Minor dari semua varian akhirnya terjual. 


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Rizqi Rajendra
Editor : Leo Dwi Jatmiko
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper