Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Simak! Tips Aman Jumper Aki Mobil yang Soak dalam Kondisi Darurat

Berikut tips aman melakukan jumper aki mobil yang soak dalam kondisi darurat.
Ilustrasi aki mobil yang rusak dan soak./Pexels @Julia Avamotive
Ilustrasi aki mobil yang rusak dan soak./Pexels @Julia Avamotive

Bisnis.com, JAKARTA - Kondisi aki mobil yang soak dapat mengakibatkan pengendara mengalami situasi darurat seperti aki yang tiba-tiba mati di jalan. Alhasil, jumper aki mobil diperlukan agar mobil bisa dihidupkan kembali. 

Perlu diketahui, jumper aki mobil adalah alat yang digunakan untuk memancing aki mobil yang soak agar bisa bekerja kembali. Alat ini berfungsi dengan mengalirkan arus listrik dari aki mobil yang sehat ke aki mobil yang soak.

Jumper aki mobil menjadi solusi sementara untuk menghidupkan mesin mobil secara darurat. Namun, tanpa pengetahuan yang tepat, proses ini bisa membahayakan pengendara.

Chief Operating Officer PT Gowa Modern Motor (Hyundai Gowa) Ferry menjelaskan, ada tanda-tanda bahwa aki mobil mungkin membutuhkan jumper yang dapat dikenali melalui beberapa gejala. 

Pertama, starter mobil terasa lemot atau bahkan gagal sama sekali saat menghidupkan mesin, yang mejadi indikasi umum daya aki mulai menurun. Selain itu, lampu mobil yang terlihat lebih redup dari biasanya juga bisa menjadi tanda bahwa aki tidak mampu menyuplai listrik dengan optimal. 

Tak hanya itu saja, klakson yang terdengar lemah atau tidak berbunyi sama sekali juga merupakan salah satu sinyal bahwa aki mulai melemah. 

"Terakhir, jika mesin mobil mati mendadak saat sedang digunakan, hal ini bisa saja disebabkan oleh aki yang tidak lagi mampu menjalankan fungsinya dengan baik," ujar Ferry dalam keterangannya, dikutip Minggu (13/10/2024).

Berikut Tips Jumper Aki Mobil yang Aman ala Hyundai Gowa:

1. Posisikan kendaraan cukup dekat sehingga kabel jumper bisa terjangkau, tetapi jangan biarkan kendaraan bersentuhan. 

2. Hindari kipas atau komponen yang bergerak di kompartemen mesin setiap saat, bahkan saat kendaraan dimatikan. 

3. Matikan semua perangkat listrik seperti radio, lampu, AC, dan lain-lain. Tempatkan kendaraan di posisi P (Parkir), terapkan rem parkir, dan segera matikan kedua kendaraan.

4. Sambungkan kabel jumper sesuai urutan. Pertama, sambungkan satu kabel jumper ke terminal jumper merah positif (+) di kendaraan Anda. 

5. Kemudian, hubungkan ujung lain dari kabel jumper ke terminal baterai atau jumper merah, positif (+) pada kendaraan pembantu. 

6. Selanjutnya, hubungkan kabel jumper kedua hitam negatif (-) ke ground pada baterai atau sasis kendaraan pembantu. 

7. Hubungkan ujung lain dari kabel jumper kedua hitam negatif (-) ke ground sasis kendaraan Anda. Jangan biarkan kabel jumper bersentuhan dengan apapun kecuali dengan baterai yang benar atau terminal jumper atau ground yang benar. Jangan bersandar pada baterai saat terhubung. 

8. Hidupkan mesin kendaraan pembantu dan biarkan bekerja sekitar 2.000 rpm selama beberapa menit. Kemudian hidupkan kendaraan Anda.

Itulah beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk menangani jumper aki dalam kondisi darurat. Namun, perlu diingat bahwa jumper aki bukanlah solusi akhir untuk mengatasi aki soak. 

"Sebagai langkah terakhir, jika kendaraan Anda masih belum dapat menyala setelah beberapa kali mencoba, mungkin sudah saatnya untuk melakukan servis. Pastikan Anda mencari bantuan dari teknisi yang berpengalaman dan terpercaya," pungkas Ferry.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper