Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Penampakan Mobil Mewah Tamu Pelantikan Prabowo-Gibran: S450, i5 hingga bZ4X

Pemerintah siapkan deretan mobil mewah untuk tamu negara pelantikan Prabowo-Gibran
Penampakan Mobil Mewah Tamu Pelantikan Prabowo-Gibran: S450, i5 hingga bZ4X / Bisnis - Rizky Rajendra
Penampakan Mobil Mewah Tamu Pelantikan Prabowo-Gibran: S450, i5 hingga bZ4X / Bisnis - Rizky Rajendra

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah telah menyiapkan sejumlah mobil mewah untuk para tamu kenegaraan yang akan menghadiri pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih, Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka.

Berdasarkan pantauan Bisnis di kawasan Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta Pusat pada Rabu (16/10/2024) siang, setidaknya ada ratusan unit kendaraan yang terparkir dan akan digunakan oleh tamu kenegaraan. Adapun, beberapa di antaranya merupakan mobil mewah yang harganya fantastis.

Sederet unit mobil mewah yang terpantau di antaranya yakni merek asal Jerman seperti Mercedes-Benz S 450 yang harganya dibanderol Rp2,9 miliar per unit, lalu ada juga BMW i5 yang seharga Rp2,17 miliar.

Selanjutnya, terlihat beberapa unit model mobil mewah dari PT Toyota Astra Motor (TAM), yakni Toyota bZ4X seharga Rp1,19 miliar, Alphard (Rp1,4 miliar), Camry Hybrid (Rp945,4 juta), dan Fortuner 2,8 GR Sport (Rp761,7 juta).

Tak ketinggalan, ada juga Hyundai Ioniq 5 yang harganya dibanderol Rp713 juta, yang disulap menjadi mobil aparat kepolisian untuk mengamankan tamu negara pada saat pelantikan presiden dan wapres.

Adapun, pada tiap unit mobil itu tertera nama-nama negara yang akan menghadiri pelantikan, di antaranya Malaysia, Vietnam, Singapura, Korea, Uni Emirat Arab, hingga Eropa. 

Bahkan, pada bagian pelat nomor masing-masing mobil itu juga tertera jabatan dari tamu kenegaraan yang akan hadir seperti menteri, anggota dewan, sampai protokoler.

Tak hanya deretan mobil mewah, di lapangan parkir GBK tersebut juga terpantau beberapa unit kendaraan taktis (rantis) milik aparat kepolisian dan TNI, lengkap beserta beberapa personel aparat yang terlihat sedang berjaga di sekitar area tersebut.

Menteri Sekretaris Negara Pratikno mengatakan sejumlah kendaraan yang terparkir di kawasan Gelora Bung Karno (GBK), memang disiapkan untuk tamu negara saat pelantikan Prabowo-Gibran.

"Mobil tersebut untuk transportasi penerimaan tamu negara VVIP dan VIP," kata Pratikno kepada wartawan, dikutip Rabu (16/10/2024).

Pratikno juga sekaligus menegaskan bahwa kendaraan yang terparkir di GBK bukan kendaraan yang disiapkan untuk para menteri kabinet Prabowo-Gibran. 

Lebih lanjut dia mengatakan, deretan kendaraan itu terparkir di GBK itu beberapa kali digunakan untuk latihan bagi pengemudi, hingga gladi untuk pelaksanaan pelantikan dan pisah sambut. Perlu diketahui, pemerintah tidak menyewa kendaraan tersebut melainkan dipinjamkan oleh agen pemegang merek (APM).

"Seperti halnya penyambutan tamu negara saat KTT, kendaraan-kendaraan tersebut pinjaman dari pemegang merek, kita hanya bayar biaya kargo dan asuransi," pungkasnya.

Sebagaimana diketahui, Presiden dan Wakil Presiden Terpilih Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka rencananya dilantik di Gedung MPR/DPR/DPD RI, Senayan, Jakarta, pada 20 Oktober 2024.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Rizqi Rajendra
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper