Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Toyota Sediakan bZ4X hingga Camry Hybrid untuk Tamu Pelantikan Prabowo-Gibran

Toyota menyediakan bZ4X hingga Camry Hybrid untuk tamu pelantikan Prabowo-Gibran sebagai presiden dan wakil presiden
Penampakan sejumlah kendaraan di kawasan Gelora Bung Karno (GBK), Rabu (16/10/2024) yang akan digunakan para tamu penting di pelantikan Prabowo-Gibran sebagai Presiden dan Wakil Presiden / Bisnis-Rizky Rajendra
Penampakan sejumlah kendaraan di kawasan Gelora Bung Karno (GBK), Rabu (16/10/2024) yang akan digunakan para tamu penting di pelantikan Prabowo-Gibran sebagai Presiden dan Wakil Presiden / Bisnis-Rizky Rajendra

Bisnis.com, JAKARTA - PT Toyota Astra Motor (TAM), yang dinaungi oleh PT Astra International Tbk. (ASII) menyediakan berbagai model kendaraan yang akan digunakan untuk para tamu kenegaraan yang akan menghadiri pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih, Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka.

Pantauan Bisnis di kawasan Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta Pusat pada Rabu (16/10/2024), ada sederet mobil Toyota yang harganya fantastis yang akan digunakan oleh tamu kenegaraan.

Beberapa unit mobil mewah PT TAM yang terpantau yaitu Toyota bZ4X seharga Rp1,19 miliar, Alphard seharga Rp1,4 miliar, Camry Hybrid (Rp945,4 juta), dan Fortuner 2,8 GR Sport (Rp761,7 juta).

Marketing Director Toyota Astra Motor, Anton Jimmi Suwandy mengatakan sejauh ini pihaknya memang meminjamkan unit Toyota bZ4x untuk tamu kenegaraan. Namun, dia belum dapat informasi detail terkait skema pada model Toyota lainnya.

Dia juga mengakui bahwa ada permintaan dari Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) terkait peminjaman mobil Toyota untuk para tamu pelantikan presiden dan wapres.

"Ada permintaan dari Setneg. Kalau Toyota bZ4X yang memang kami pinjamkan, saya kurang tahu ya kalau selain bZ4X," ujar Anton saat dikonfirmasi Bisnis, Rabu (16/10/2024).

Sebelumnya, Toyota bZ4X juga kerap dijadikan kendaraan resmi dalam berbagai perhelatan bergengsi. Misalnya, pada Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali pada 15-16 November 2022.

Selanjutnya, bZ4X digunakan pada Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-43 ASEAN yang berlangsung dua kali. Seri 1 di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT) pada 9–11 Mei 2023, dan Seri 2 di Jakarta pada 5–7 September 2023. 

Kemudian, bZ4X juga mendukung mobilitas delegasi dari berbagai negara peserta KTT Archipelagic and Island States (AIS) Forum di Kawasan Nusa Dua Bali, 10-11 Oktober 2023. Lalu, pada 18-20 Mei 2024, total 130 unit Toyota bZ4X digunakan oleh para menteri dan delegasi negara peserta World Water Forum (WWF) 2024 di Bali.

Terakhir, mobil listrik berbasis baterai (battery electric vehicle/BEV) Toyota itu digunakan pada acara HUT RI ke-79 di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, pada Sabtu (17/8/2024). 

Adapun, selain mobil merek Toyota, setidaknya ada ratusan mobil lain yang digunakan untuk para tamu kenegaraan pada saat pelantikan Prabowo-Gibran, di antaranya yakni Mercedes-Benz S 450, BMW i5, hingga Hyundai Ioniq 5.

Menteri Sekretaris Negara Pratikno mengatakan sejumlah kendaraan yang terparkir di kawasan Gelora Bung Karno (GBK) itu memang disiapkan untuk tamu negara saat pelantikan Prabowo-Gibran pada 20 Oktober 2024.

Menurut Pratikno, pemerintah tidak menyewa mobil-mobil untuk para tamu kenegaraan tersebut, melainkan dipinjamkan oleh para agen pemegang merek (APM).

"Seperti halnya penyambutan tamu negara saat KTT, kendaraan-kendaraan tersebut pinjaman dari pemegang merek, kita hanya bayar biaya kargo dan asuransi," jelas Pratikno kepada wartawan.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Rizqi Rajendra
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper