Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BAIC Ekspansi Diler di Indonesia, Merek Mobil China Makin Ramai

BAIC melakukan ekspansi jaringan 10 diler di Indonesia diresmikan bertahap hingga Desember 2024.
Suasana pameran GIIAS di ICE BSD Tangerang yang diselenggarakan pada 18-28 Juli 2024 - Bisnis/Nuhansa Mikrefin
Suasana pameran GIIAS di ICE BSD Tangerang yang diselenggarakan pada 18-28 Juli 2024 - Bisnis/Nuhansa Mikrefin

Bisnis.com, JAKARTA - Produsen otomotif asal China, Beijing Automotive Group Co., Ltd. (BAIC Group) melakukan ekspansi diler di Indonesia. Hal itu menandakan merek asal Negeri Tirai Bambu kian semarak di Tanah Air.

BAIC melalui PT JIO Distribusi Indonesia akan meresmikan 10 diler yang tersebar di Jakarta Utara (PIK), Jakarta Timur (Cibubur), Bandung, Medan, Surabaya, Batam, Samarinda, Bekasi, Semarang, Bali, dan Makassar.

CEO PT JIO Distribusi Indonesia, Dhani Yahya mengatakan pembukaan jaringan diler resmi BAIC di berbagai kota di Indonesia itu seluruhnya akan diresmikan hingga Desember 2024. 

"Pembukaan diler di seluruh Indonesia ini adalah bagian dari komitmen kami untuk menjadi lebih dekat dengan konsumen kami dan memberikan kemudahan akses terhadap produk dan layanan BAIC secara maksimal," ujar Dhani dalam keterangannya, dikutip Jumat (25/10/2024).

Tak hanya berfokus untuk mendorong penjualan, menurutnya BAIC juga akan fokus meningkatkan layanan purnajual (aftersales services). Pembukaan dealership BAIC di Indonesia ini juga mencerminkan optimisme BAIC terhadap pertumbuhan industri otomotif di Indonesia.

"Dengan kehadiran lebih banyak diler di berbagai kota, BAIC berharap dapat berkontribusi dalam perkembangan ekonomi lokal serta mendukung kemajuan industri otomotif nasional," pungkasnya.

Selain melakukan ekspansi jaringan diler, BAIC Group juga berkomitmen untuk membangun fasilitas produksi di Indonesia.

Berdasarkan catatan Bisnis.com, BAIC Group berinvestasi dengan menunjuk PT Handal Indonesia Motor (HIM) sebagai rekanan untuk melakukan perakitan secara lokal yang akan dimulai pada kuartal I/2025.

Kepastian investasi ini dipastikan setelah adanya penandatanganan kerja sama (MoU) antara PT JHL Internasional Otomotif (JIO) sebagai automotive assembly & manufacture company BAIC Indonesia, dengan PT Handal Indonesia Motor (HIM) untuk perakitan lokal mobil BAIC di Indonesia. Tanda tangan MoU dilakukan di GIIAS 2024 pada Juli lalu.

Bertempat di fasilitas baru PT HIM yang berlokasi di Purwakarta, BAIC Indonesia akan menempati satu line produksi yang ditargetkan sanggup memproduksi 1.680 unit BAIC BJ40 Plus pada 2025, diikuti dengan produksi BJ30 & X55 II pada tahun kedua dan ketiga, dilanjutkan dengan produksi Battery Electric Vehicle (BEV) di tahun berikutnya.

Dengan rencana tersebut, pada lima tahun pertamanya BAIC Indonesia menargetkan produksi hingga mencapai 12.000 unit per tahun.

Sebagai tambahan informasi, merek-merek China yang sudah berinvestasi di Indonesia yakni BYD, Wuling hingga Chery. Para pabrikan tersebut juga berkomitmen untuk mendirikan fasilitas produksi di Indonesia.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Rizqi Rajendra
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper