Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Zenix Kuasai Pasar Hibrida Juli 2024, Terlalu Digdaya Bagi yang Lain

Kijang Innova Zenix Hybrid milik PT Toyota Astra Motor (TAM) menduduki posisi mobil hybrid terlaris pada Juli 2024
Pengunjung melihat mobil Kijang Inova Zenix di Makassar, Sulawesi Selatan, Kamis (1/12/2022). Dok. JIBI
Pengunjung melihat mobil Kijang Inova Zenix di Makassar, Sulawesi Selatan, Kamis (1/12/2022). Dok. JIBI

Bisnis.com, JAKARTA - Sederet mobil hibrida (hybrid electric vehicle/HEV) mencatatkan penjualan moncer pada Juli 2024. Adapun, Kijang Innova Zenix Hybrid milik PT Toyota Astra Motor (TAM) menduduki posisi mobil hybrid terlaris pada Juli.

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) secara wholesales, penjualan Innova Zenix tembus 2.906 unit pada Juli 2024 atau jauh mengungguli merek lainnya di segmen hybrid. Kemudian disusul Toyota Alphard Hybrid di posisi kedua dengan capaian penjualan 469 unit.

Selanjutnya, di posisi ketiga ada Suzuki XL-7 yang membukukan penjualan sebesar 355 unit pada Juli 2024, disusul Suzuki Ertiga Hybrid yang laris terjual sebanyak 225 unit.

Mobil HEV terlaris lainnya yakni Lexus LM 350h Hybrid yang terjual sebanyak 120 unit, diikuti Honda CR-V e:HEV milik PT Honda Prospect Motor (HPM) yang terjual sebanyak 96 unit.

Berturut-turut, mobil hybrid terlaris pada periode Juli 2024 di antaranya yakni Toyota Yaris Cross HEV, Toyota Vellfire HEV, GWM Tank 500 dan Morris Garage (MG) VS.

Sebelumnya, pemerintah memastikan bahwa tidak akan ada penambahan kebijakan baru untuk industri otomotif, termasuk insentif untuk mobil hibrida (hybrid electric vehicle/HEV).

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengakui ada beberapa pihak yang menunggu kebijakan baru untuk segmen hybrid, namun dia menegaskan bahwa pemerintah akan tetap dengan kebijakan-kebijakan yang ada.

"Tentu kalau untuk otomotif kebijakan sudah dikeluarkan, jadi tidak ada perubahan kebijakan tambahan lain," ujarnya dalam konferensi pers di Kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta Pusat, Senin (5/8/2024). 

Lebih lanjut dia mengatakan, dengan kebijakan yang sudah berlaku saat ini, sejatinya penjualan mobil segmen hybrid sudah mencatatkan kinerja positif, bahkan jauh melampaui mobil listrik berbasis baterai (battery electric vehicle/BEV). 

Sebagai tambahan informasi, mobil hybrid adalah mobil yang menggunakan sistem penggerak dengan dua sumber energi, yaitu bahan bakar yang diolah pada mesin pembakaran dalam dan listrik dari baterai diproses motor listrik. 

Mobil hybrid menjadi primadona konsumen, karena kombinasi dari penggunaan dua sumber energi ini diklaim mampu menghasilkan efisiensi lebih tinggi dari mesin konvensional.

Daftar 10 mobil Hybrid Terlaris Juli 2024:

1. Toyota Innova Zenix Hybrid: 2.906 unit

2. Toyota Alphard Hybrid: 469 unit

3. Suzuki XL7 Hybrid: 355 unit

4. Suzuki Ertiga Hybrid: 225 unit

5. Lexus LM 350h Hybrid: 120 unit

6. Honda CR-V e:HEV: 96 unit

7. Toyota Yaris Cross HEV: 89 unit

8. Toyota Vellfire Hybrid: 79 unit

9. GWM Tank 500: 69 unit

10. MG VS: 57 unit


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Rizqi Rajendra
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper